Selasa, 10 April 2012

TUGAS OM JEK(JarKom)

1.1 komputer pribadi dan aplikasi
1.1.1 bagaimana dan di mana komputer digunakan 

Komputer memainkan peran yang semakin penting dan hampir sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer yang digunakan di seluruh dunia dan dalam semua jenis lingkungan. Mereka digunakan dalam bisnis, manufaktur lingkungan, rumah, kantor pemerintah dan organisasi nirlaba. Sekolah menggunakan komputer untuk instruksi dan untuk menjaga catatan siswa. Rumah sakit menggunakan komputer untuk mempertahankan catatan pasien dan untuk memberikan perawatan medis.

Selain jenis komputer, ada juga komputer yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu. Komputer-komputer ini dapat diintegrasikan ke dalam perangkat seperti televisi, mesin kas, sistem suara, dan perangkat elektronik lainnya. Mereka bahkan dapat ditemukan tertanam dalam peralatan seperti kompor dan kulkas dan digunakan dalam mobil, dan pesawat.

Dimana komputer yang ditemukan dalam lingkungan Anda?
Komputer digunakan untuk banyak alasan dan di berbagai tempat. Mereka mungkin berbeda ukuran dan daya proses, tetapi semua komputer memiliki beberapa fitur yang sama. Agar kebanyakan komputeruntuk melakukan fungsi yang berguna, ada tiga hal yang harus bekerja sama:

1. Hardware - komponen fisik, baik internal maupun eksternal, yang membentuk komputer.

2. Sistem Operasi - satu set program komputer yang mengatur perangkat keras dari komputer. Sebuah sistem operasi mengontrol sumber daya pada komputer, termasuk memori dan penyimpanan disk.Contoh dari sistem operasi Windows XP.

3. Aplikasi - program yang dimuat pada komputer untuk melakukan fungsi tertentu menggunakan kemampuan komputer. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata atau game komputer.
1.1.2 lokal dan jaringan aplikasi
Komputer ini hanya sebagai berguna sebagai program atau aplikasi di atasnya. Aplikasi dapat dibagi menjadi dua kategori umum:

Bisnis / Industri Software - Software yang dirancang untuk digunakan oleh industri tertentu atau pasar. Contohnya termasuk: alat manajemen praktek medis, alat pendidikan dan perangkat lunak hukum.

Gunakan Software umum - Software yang digunakan oleh berbagai organisasi dan pengguna rumah untuk berbagai keperluan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh setiap bisnis atau individu.

Perangkat lunak penggunaan umum termasuk paket aplikasi terintegrasi yang dikenal sebagai Ruangan Kantor. Mereka biasanya termasuk aplikasi seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi database, dan kontak / manajemen jadwal.

Aplikasi populer lainnya termasuk perangkat lunak editing grafis dan aplikasi multimedia authoring. Peralatan ini memungkinkan pengguna untuk memanipulasi foto dan juga membuat presentasi media yang kaya yang menggunakan suara, video dan
 
Selain Bisnis / Industri dan perangkat lunak Penggunaan Umum, aplikasi dapat digolongkan sebagai lokal atau jaringan.

Aplikasi lokal - Suatu aplikasi lokal adalah program, seperti pengolah kata, yang disimpan pada hard disk komputer. Aplikasi ini hanya berjalan pada komputer tersebut.

Aplikasi jaringan - Suatu aplikasi jaringan adalah salah satu yang dirancang untuk berjalan melalui jaringan, seperti Internet. Sebuah aplikasi jaringan memiliki dua komponen, satu yang berjalan pada komputer lokal dan salah satu yang berjalan pada komputer remote. Email adalah contoh dari aplikasi jaringan.

Sebagian besar komputer memiliki kombinasi dari aplikasi lokal dan jaringan terpasang.


1.2 jenis komputer
1.2.1 kelas komputer
Ada berbagai jenis komputer yang tersedia termasuk:
1. mainframe
2. server
3. Desktops
4. workstation
5. laptop
6. Genggam portabel perangkat

Setiap jenis komputer telah dirancang dengan tujuan tertentu dalam pikiran, seperti akses portabel untuk informasi, pengolahan grafis rinci, dan sebagainya.

Jenis yang paling umum dari komputer yang digunakan di rumah dan bisnis adalah server, workstation, desktop, laptop dan perangkat portable lainnya. Mainframe, di sisi lain, adalah komputer terpusat besar ditemukan di perusahaan yang cukup besar dan membeli melalui reseller khusus.
 

1.2.2 server, desktop, dan workstation
 
server
Server adalah komputer kinerja tinggi yang digunakan dalam bisnis dan organisasi lainnya. Server memberikan layanan kepada banyak pengguna akhir atau klien.

Perangkat keras server dioptimalkan untuk waktu respon cepat untuk permintaan jaringan ganda. Server memiliki beberapa Unit Pengolahan Pusat (CPU), sejumlah besar Random Access Memory (RAM) dan beberapa hard disk kapasitas tinggi yang menyediakan pencarian informasi sangat cepat.

Layanan yang diberikan oleh server sering penting dan mungkin perlu tersedia bagi pengguna setiap saat. Server, oleh karena itu, sering mengandung duplikat, atau berlebihan, bagian untuk mencegah mereka dari kegagalan. Backup otomatis dan manual data juga biasanya dilakukan secara teratur. Server biasanya disimpan di daerah yang aman di mana akses dikendalikan.

Desain mereka mungkin salah satu dari beberapa jenis: mereka dapat menjadi desain menara yang mandiri, adalah rak mount, atau memiliki desain pisau. Sejak server biasanya digunakan sebagai titik penyimpanan dan bukan hari-hari pengguna akhir perangkat, mungkin tidak memiliki monitor atau keyboard, atau dapat berbagi monitor dan keyboard dengan perangkat lain.

Layanan umum ditemukan di server termasuk penyimpanan file, penyimpanan email, halaman web, print sharing dan lainnya.
Desktops
Desktop mendukung banyak pilihan dan kemampuan. Berbagai macam kasus, pasokan listrik, hard drive, kartu video, monitor dan komponen lainnya yang tersedia. Desktop dapat memiliki jenis sambungan yang berbeda, pilihan video, dan beragam peripheral didukung.

Desktop biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi seperti pengolah kata, spreadsheet dan aplikasi jaringan seperti email dan browsing web.

Ada lagi jenis komputer yang mungkin terlihat mirip dengan desktop, tetapi jauh lebih kuat: workstation.
Workstations
Workstation adalah komputer bertenaga tinggi bisnis. Mereka dirancang untuk khusus, aplikasi high-end seperti program rekayasa seperti CAD (Computer Aided Design). Workstation yang digunakan dalam 3-D grafis desain, video animasi dan simulasi virtual reality. Mereka juga dapat digunakan sebagai stasiun manajemen untuk telekomunikasi atau peralatan medis. Seperti dengan server, workstation biasanya memiliki beberapa CPU, sejumlah besar RAM dan beberapa, disk drive berkapasitas tinggi yang sangat cepat. Workstation biasanya memiliki sangat kuat kemampuan grafis dan monitor besar atau beberapa monitor.

Server, desktop dan workstation semua 
1.2.3 portabel perangkat


Selain berbagai jenis komputer stasioner, ada banyak perangkat elektronik portabel tersedia.

Perangkat portabel bervariasi dalam kemampuan ukuran, kekuatan dan grafis dan meliputi:
1. Laptop atau notebook PC
2. Tablet PC
3. Pocket PC
4. Personal Digital Assistant (PDA)
5. Perangkat game
6. Ponsel

Laptop, juga disebut notebook, dapat dibandingkan dengan desktop dalam kemampuan penggunaan dan pengolahan. Namun, mereka adalah perangkat portabel dibangun untuk menjadi ringan dan menggunakan sedikit daya, dengan monitor built-in mouse, dan keyboard. Laptop juga dapat dipasang ke sebuah docking station yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan monitor yang lebih besar, mouse, keyboard berukuran penuh dan memiliki pilihan koneksi yang lebih.

Meskipun demikian, laptop memiliki sejumlah konfigurasi yang tersedia, seperti opsi video dan jenis koneksi. Mereka juga tidak mudah diupgrade sebagai desktop.

Perangkat portable lainnya, seperti PDA atau PC saku, memiliki CPU kurang kuat dan RAM kurang. Mereka memiliki layar kecil dengan kemampuan layar terbatas dan mungkin memiliki input keyboard kecil.

Keuntungan kunci dari komputer portabel adalah bahwa informasi dan layanan yang tersedia segera, hampir di mana saja. Sebagai contoh, telepon selular memiliki built-in buku alamat untuk nama kontak dan nomor telepon. PDA yang tersedia dengan built-in perangkat lunak telepon, web browser, email, dan lainnya.

Fungsi perangkat ini individu dapat dikombinasikan ke dalam satu perangkat multifungsi. Perangkat multifungsi dapat menggabungkan sebuah PDA, ponsel, kamera digital, dan pemutar musik. Hal ini dapat menyediakan akses internet dan kemampuan jaringan nirkabel, tetapi telah membatasi daya proses serupa dengan PDA.
1.3 Biner Representasi Data 

1.3.1 Respresenting Informasi Digital

Dalam komputer, informasi diwakili dan disimpan dalam format biner digital. Bit istilah adalah singkatan dari binary digit dan merupakan bagian terkecil dari data. Manusia menginterpretasikan kata dan gambar, komputer menginterpretasikan pola-satunya bit.

Sedikit hanya dapat memiliki dua nilai yang mungkin, satu digit (1) atau angka nol (0). Sedikit dapat digunakan untuk mewakili keadaan sesuatu yang memiliki dua negara. Misalnya, tombol lampu dapat berupa Aktif atau Tidak aktif, dalam representasi biner, negara-negara ini akan sesuai dengan 1 dan 0 masing-masing.

Komputer menggunakan kode biner untuk mewakili dan menafsirkan huruf, angka dan karakter khusus dengan bit. Sebuah kode yang biasa digunakan adalah American Standard Kode untuk Informasi Interchange (ASCII). Dengan ASCII, setiap karakter diwakili oleh serangkaian bit. Sebagai contoh:

Modal huruf: A = 01000001
Nomor: 9 = 00.111.001
Karakter khusus: # = 00100011
Setiap kelompok delapan bit, seperti representasi huruf dan angka, dikenal sebagai byte.

Kode dapat digunakan untuk mewakili hampir semua jenis informasi digital: data komputer, grafis, foto, suara, video dan musik.

1.3.2 Mengukur kapasitas penyimpanan data

Sementara sedikit adalah representasi terkecil data, unit paling dasar dari penyimpanan digital adalah byte. Suatu byte adalah 8 bit dan merupakan unit terkecil dari ukuran (UOM) digunakan untuk mewakili kapasitas penyimpanan data.

Ketika mengacu pada ruang penyimpanan, kita menggunakan istilah byte (B), kilobyte (KB), megabytes (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB).

Satu kilobyte adalah sedikit lebih dari seribu byte, khususnya 1.024. Suatu megabyte mewakili lebih dari satu juta byte atau 1.048.576. Gigabyte adalah 1.073.741.824 byte dan sebagainya. Jumlah pasti diperoleh dengan mengambil 2 ^ n kekuatan. Contoh: KB = 2 ^ 10; MB = 2 ^ 20; GB = 2 ^ 30.

Secara umum, ketika ada sesuatu yang diwakili secara digital, semakin besar detail, semakin besar jumlah bit yang diperlukan untuk mewakilinya. Sebuah rendah resolusi gambar dari kamera digital akan menggunakan sekitar 360KB, dan gambar resolusi tinggi bisa menggunakan 2 MB atau lebih.

Kilobyte, megabyte, gigabyte, dan terabyte biasanya digunakan untuk mengukur ukuran atau kapasitas penyimpanan perangkat. Contoh komponen dan perangkat yang menggunakan penyimpanan byte meliputi: memori akses acak (RAM), ruang hard disk drive, CD, DVD, dan MP3 player.




1.3.3 Mengukur Kecepatan, Resolusi Frekuensi

Salah satu keuntungan dari informasi digital adalah dapat ditransmisikan jarak jauh tanpa mutu yang menjadi terdegradasi. Modem digunakan untuk mengubah informasi biner ke bentuk yang sesuai untuk transmisi melalui medium.

Media yang umum digunakan adalah:
Kabel, yang menggunakan pulsa listrik melalui kabel tembaga
Fiber optik, yang menggunakan pulsa cahaya lebih serat yang terbuat dari kaca atau plastik
Nirkabel, yang menggunakan pulsa daya rendah gelombang radio.




Ada dua ukuran untuk ukuran dari suatu file: bit (b) dan byte (B). Insinyur komunikasi berpikir dalam hal mentransfer bit, sedangkan pengguna komputer berpikir dalam hal ukuran file, yang biasanya diukur dalam Bytes (seperti kilobyte, megabyte, dll). Ada delapan bit untuk satu byte.

Tingkat data menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer file. Semakin besar file, lama waktu yang dibutuhkan, karena ada informasi lebih lanjut untuk mentransfer. Kecepatan transfer data diukur dalam ribuan bit per detik (kbps) atau jutaan bit per detik (Mbps). Perhatikan, bahwa dalam singkatan kbps, k huruf kecil digunakan sebagai pengganti atas kasus K. Hal ini karena ketika berbicara tentang transfer data, insinyur paling bulat angka itu. Jadi kbps sebenarnya mengacu pada transfer 1000 bit informasi dalam satu detik, sedangkan Kbps akan mengacu pada transfer 1024 bit informasi dalam satu detik. Sebuah DSL atau modem kabel dapat beroperasi dalam kisaran 512 kbps, 2 Mbps atau lebih tinggi tergantung pada teknologi yang digunakan.

waktu download

Waktu download Dihitung bersifat teoretis dan tergantung pada sambungan kabel, kecepatan prosesor komputer dan biaya lainnya. Untuk mendapatkan perkiraan dari panjang waktu yang dibutuhkan untuk men-download file, membagi ukuran file dengan data rate. Misalnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer foto digital resolusi rendah dari 256KB melalui koneksi kabel 512kbps? Langkah pertama, mengkonversi ukuran file menjadi bit: 8 x 256 x 1024 = 2097152 bit. 256KB sesuai dengan 2097 kb. Perhatikan bahwa 2097152 dibulatkan ke 1000 terdekat, k kasus sehingga lebih rendah digunakan. Waktu download adalah 2097 kb kemudian dibagi dengan 512 kbps, yang setara dengan sekitar 4 detik.
 

Selain kapasitas penyimpanan dan kecepatan transfer data, ada unit ukuran lainnya ketika bekerja dengan komputer.

Resolusi Layar Komputer

Grafis resolusi diukur dalam pixel. Pixel adalah titik yang berbeda dari cahaya yang ditampilkan pada monitor. Kualitas layar komputer didefinisikan dengan jumlah piksel horizontal dan vertikal yang dapat ditampilkan. Sebagai contoh sebuah monitor layar lebar mungkin dapat menampilkan 1280 x 1024 piksel dengan jutaan warna. Adapun resolusi gambar dalam kamera digital, diukur dengan jumlah mega piksel yang dapat ditangkap dalam sebuah foto.

Analog Frekuensi

Hertz adalah pengukuran seberapa cepat sesuatu yang siklus atau menyegarkan. Satu hertz mewakili satu siklus per detik. Dalam komputer, kecepatan prosesor komputer diukur dengan seberapa cepat dapat siklus untuk mengeksekusi instruksi, diukur dalam hertz. Sebagai contoh, sebuah prosesor yang berjalan pada 300 MHz (megahertz) laksanakan 300 juta siklus per detik. Transmisi nirkabel frekuensi radio dan juga diukur dalam hertz.


1.4 komponen Komputer dan peripheral

1.4.1 Sistem komputer

Ada banyak jenis komputer. Apa yang membuat satu komputer lebih cocok untuk memainkan permainan baru atau memutar file audio baru yang lainnya? Jawabannya adalah komponen dan peripheral yang membentuk sistem komputer.

Persyaratan untuk mesin didedikasikan terutama ke pengolah kata yang sangat berbeda dari satu dirancang untuk aplikasi grafis atau game. Hal ini penting untuk menentukan penggunaan yang dimaksudkan untuk komputer sebelum memutuskan pada jenis komputer dan komponen untuk membeli.

Banyak produsen memproduksi massal sistem komputer dan menjualnya baik melalui pemasaran langsung atau rantai ritel. Sistem komputer yang dirancang untuk berfungsi dengan baik untuk berbagai tugas. Ada juga beberapa vendor yang dapat merakit kustom sistem komputer dengan spesifikasi pengguna akhir. Ada kelebihan dan kekurangan untuk keduanya.

 


Preassembled Komputer

Keuntungan:
1. Turunkan biaya
2. Cukup untuk melakukan aplikasi yang paling
3. Tidak ada masa tunggu untuk perakitan
4. Biasanya digunakan oleh konsumen yang berpengetahuan kurang yang tidak memerlukan kebutuhan khusus

Kekurangan:
Sering tidak memiliki tingkat kinerja yang dapat diperoleh dari komputer yang dibangun khusus

Kustom Built Komputer

Keuntungan:
Pengguna akhir dapat menentukan komponen yang tepat yang memenuhi kebutuhan pengguna
Secara umum mendukung aplikasi kinerja yang lebih tinggi seperti grafik, game, dan aplikasi server

Kekurangan:
Umumnya lebih mahal dibanding suatu alat
Lagi menunggu waktu untuk perakitan

Hal ini juga memungkinkan untuk membeli bagian-bagian individu dan komponen komputer dan membangunnya. Terlepas dari keputusan untuk membeli sistem yang dibangun preassembled atau kebiasaan atau membangunnya, produk akhir harus sesuai dengan persyaratan dari pengguna akhir. Beberapa item yang perlu dipertimbangkan ketika membeli komputer meliputi: motherboard, prosesor, RAM, penyimpanan, kartu adapter, serta kasus dan pilihan daya.







Motherboard A juga dapat berisi slot konektor untuk kartu jaringan, video dan suara. Namun, banyak motherboard sekarang datang dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai komponen yang terintegrasi. Perbedaan antara keduanya adalah bagaimana mereka ditingkatkan. Bila menggunakan konektor di motherboard, komponen sistem yang mudah dicabut dan diubah atau ditingkatkan sebagai kemajuan teknologi.

Ketika melakukan upgrade atau mengganti fitur on-board, tidak dapat dihapus dari motherboard. Oleh karena itu, itu sering perlu untuk menonaktifkan fungsi on-board dan menambahkan kartu khusus tambahan dengan menggunakan konektor.

Ketika memilih motherboard itu harus:
Mendukung jenis CPU yang terpilih dan kecepatan
Dukung jumlah dan jenis RAM sistem yang diperlukan oleh aplikasi
Memiliki slot cukup dari jenis yang tepat untuk menerima semua kartu antarmuka yang diperlukan
Memiliki antarmuka yang cukup dari jenis yang tepat

2. Sistem Operasi

2.1 Memilih sistem operasi

2.1.1 Tujuan dari suatu sistem operasi


Sistem komponen dan periferal, dengan sendirinya, tidak lebih dari kumpulan elektronik dan bagian mekanik. Untuk mendapatkan bagian-bagian ini untuk bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu, tipe khusus dari program komputer, yang dikenal sebagai sistem operasi (OS), diperlukan.

Misalkan pengguna ingin menulis laporan dan mencetaknya pada printer yang terpasang. Sebuah aplikasi pengolah kata diperlukan untuk menyelesaikan tugas ini. Informasi dimasukkan dari keyboard, ditampilkan di monitor, disimpan pada hard disk dan kemudian akhirnya dikirim ke printer.

Agar program pengolah kata untuk mencapai semua ini, itu harus bekerja dengan OS, yang mengontrol input dan output fungsi. Selain itu, data yang dimasukkan dimanipulasi dalam komputer, disimpan dalam RAM dan diproses oleh CPU. Ini manipulasi internal dan pengolahan juga dikendalikan oleh OS. Semua perangkat komputer, seperti server, desktop, laptop atau handheld, memerlukan sebuah OS agar dapat berfungsi.
 

OS bertindak seperti penerjemah antara aplikasi user dan hardware. Seorang pengguna berinteraksi dengan sistem komputer melalui aplikasi, seperti pengolah kata, spreadsheet, game komputer atau program olahpesan cepat. Program aplikasi yang dirancang untuk tujuan tertentu, seperti pengolahan kata, dan tahu apa-apa tentang elektronik yang mendasarinya. Sebagai contoh, aplikasi ini tidak peduli dengan bagaimana informasi dimasukkan ke dalam aplikasi dari keyboard. Sistem operasi bertanggung jawab untuk komunikasi antara aplikasi dan perangkat keras.

Ketika komputer dinyalakan, itu beban OS, biasanya dari sebuah disk drive, ke dalam RAM. Bagian dari kode OS yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer dikenal sebagai kernel. Bagian yang interface dengan aplikasi dan pengguna, dikenal sebagai shell. Pengguna dapat berinteraksi dengan shell baik menggunakan antarmuka baris perintah (CLI) atau antarmuka pengguna grafis (GUI).

Ketika menggunakan CLI, pengguna berinteraksi langsung dengan sistem dalam lingkungan berbasis teks dengan memasukkan perintah pada keyboard di command prompt. Sistem mengeksekusi perintah, sering memberikan output tekstual. Antarmuka GUI memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem dalam lingkungan yang menggunakan gambar grafis, multimedia, dan teks. Tindakan dilakukan dengan berinteraksi dengan gambar di layar. GUI adalah lebih user friendly dan membutuhkan pengetahuan kurang dari CLI dari struktur komando untuk memanfaatkan sistem. Untuk alasan ini, banyak orang bergantung pada lingkungan GUI. Sebagian besar sistem operasi menawarkan baik GUI dan CLI.
 

Sistem operasi telah menyelesaikan kontrol sumber daya perangkat keras lokal. Mereka dirancang untuk bekerja dengan satu pengguna pada suatu waktu. Mereka memungkinkan pengguna untuk multitask. Sistem operasi melacak dimana sumber daya yang digunakan oleh aplikasi.

Untuk bekerja dengan sumber daya yang tidak langsung terhubung ke sistem komputer, bagian khusus dari perangkat lunak harus ditambahkan yang memungkinkan perangkat untuk mengirim dan menerima data dari jaringan. Perangkat lunak ini, yang dikenal sebagai pengalih arah, baik mungkin merupakan bagian integral dari OS atau mungkin perlu diinstal secara terpisah sebagai klien jaringan. Ketika diinstal, sistem operasi menjadi sistem operasi jaringan (NOS).

Sebuah NOS menawarkan penjadwalan kompleks dan pengguna perangkat lunak manajemen yang memungkinkan perangkat untuk berbagi sumber daya antara banyak pengguna dan memperlakukan sumber daya jaringan seolah-olah mereka secara langsung terhubung.

Sistem operasi persyaratan 2.1.2


Ada banyak sistem operasi yang tersedia. Pengelompokan utama yang tercantum di sini dengan beberapa contoh.
Microsoft Windows: XP, Vista, 2003 Server
Berbasis UNIX: IBM AIX, Hewlett Packard HPUX, dan Sun Solaris
BSD - Free BSD
Linux Berbasis (varietas Banyak)
Macintosh OS X
Non-Unix Proprietary: IBM OS/400, z / OS

Sementara sebagian besar sistem operasi meminta user untuk membeli dan setuju untuk lisensi komersial, ada beberapa sistem operasi yang dirilis dengan berbagai jenis skema lisensi yang dikenal sebagai GNU Public License (GPL).

Lisensi komersial biasanya menyangkal pengguna akhir kemampuan untuk memodifikasi program dengan cara apapun. Windows XP, Mac OS X dan UNIX merupakan contoh perangkat lunak OS komersial.

Sebaliknya, GPL memungkinkan end-user untuk memodifikasi dan meningkatkan kode, jika mereka inginkan, agar lebih sesuai dengan lingkungan mereka. Beberapa sistem operasi umum, yang dirilis di bawah GPL, termasuk Linux dan BSD.

Sistem operasi membutuhkan sejumlah sumber daya perangkat keras. Sumber daya ini ditentukan oleh produsen dan termasuk hal-hal seperti:
Jumlah RAM
Hard disk ruang yang dibutuhkan
Prosesor jenis dan kecepatan
Resolusi video

Produsen sering menentukan baik minimum dan tingkat yang direkomendasikan sumber daya perangkat keras. Sistem kinerja pada konfigurasi hardware minimum yang ditentukan biasanya miskin dan hanya cukup untuk mendukung OS dan ada fungsi lainnya. Konfigurasi yang dianjurkan biasanya merupakan pilihan yang lebih baik dan lebih mungkin untuk mendukung aplikasi tambahan standar dan sumber daya.
Untuk memanfaatkan semua fitur yang disediakan oleh sistem operasi, sumber daya perangkat keras tambahan seperti sound card, NIC, modem, mikrofon, dan speaker umumnya dibutuhkan. Banyak tes pengembang perangkat keras berbagai OS dan menyatakan bahwa mereka yang kompatibel dengan sistem operasi. Selalu pastikan bahwa perangkat keras telah disertifikasi untuk bekerja dengan sistem operasi sebelum membeli dan menginstal itu.

2.1.3 Sistem Operasi Seleksi

Memilih OS yang sesuai memerlukan banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan mana yang akan digunakan dalam suatu lingkungan tertentu.

Langkah pertama dalam memilih OS adalah untuk memastikan bahwa OS yang dianggap mendukung sepenuhnya persyaratan dari pengguna akhir. Apakah OS mendukung aplikasi yang akan dijalankan? Apakah keamanan dan fungsionalitas yang cukup untuk kebutuhan pengguna?

Selanjutnya, melakukan penelitian untuk memastikan bahwa sumber daya perangkat keras yang cukup tersedia untuk mendukung OS. Ini termasuk barang-barang dasar seperti memori, prosesor, dan ruang disk, serta perangkat periferal seperti scanner, kartu suara, NIC dan removable storage.

Pertimbangan lain adalah tingkat sumber daya manusia yang diperlukan untuk mendukung OS. Dalam lingkungan bisnis, sebuah perusahaan dapat membatasi dukungan kepada satu atau dua sistem operasi dan mencegah, atau bahkan melarang, instalasi OS lain. Dalam lingkungan rumah, tersedianya dukungan teknis untuk sebuah OS mungkin menjadi faktor penentu.

Ketika mempertimbangkan menerapkan OS, itu adalah total biaya kepemilikan (TCO) dari OS yang harus dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini tidak hanya meliputi biaya untuk mendapatkan dan menginstal OS, tetapi juga semua biaya yang terkait dengan mendukungnya.
Faktor lain yang mungkin ikut bermain dalam proses pengambilan keputusan adalah ketersediaan sistem operasi. Beberapa negara dan / atau bisnis telah membuat keputusan untuk mendukung jenis tertentu dari OS atau mungkin pembatasan pembatasan individu dari memperoleh beberapa jenis teknologi. Dalam jenis lingkungan, hal itu mungkin tidak mungkin untuk mempertimbangkan OS tertentu terlepas dari kesesuaian untuk tugas itu.
Proses untuk memilih sistem operasi harus mengambil semua faktor-faktor ini.

2.2 Instalasi Sistem Operasi

2.2.1 Instalasi OS Metode



Sebuah OS yang terinstal pada bagian yang ditetapkan hard disk, disebut sebuah partisi disk. Ada berbagai metode untuk menginstal OS. Metode dipilih untuk instalasi didasarkan pada perangkat keras sistem, OS sedang diinstal, dan kebutuhan pengguna. Ada empat pilihan dasar yang tersedia untuk instalasi OS baru:

Bersihkan Instal

Sebuah instalasi yang bersih ini dilakukan pada sistem baru atau dalam kasus di mana tidak ada jalur upgrade ada antara OS saat ini dan yang sedang diinstal. Ini menghapus semua data pada partisi di mana OS terinstal dan membutuhkan perangkat lunak aplikasi untuk diinstal ulang. Sebuah sistem komputer baru memerlukan instalasi yang bersih. Sebuah instalasi yang bersih juga dilakukan ketika instalasi OS yang ada telah menjadi rusak dalam beberapa cara.

Meningkatkan

Jika tinggal dalam platform OS yang sama, seringkali mungkin untuk melakukan upgrade. Dengan upgrade, pengaturan konfigurasi sistem, aplikasi dan data yang diawetkan. Ini hanya menggantikan OS file lama dengan file OS baru.

Multi-boot

Hal ini dimungkinkan untuk menginstal lebih dari satu OS di komputer untuk membuat sistem multi-boot. Setiap OS yang terkandung dalam partisi sendiri dan dapat memiliki file sendiri dan pengaturan konfigurasi. Di start-up, pengguna disajikan dengan menu untuk memilih OS yang diinginkan. Hanya satu OS dapat dijalankan pada satu waktu dan memiliki kontrol penuh dari perangkat keras.

Virtualisasi

Virtualisasi adalah teknik yang sering digunakan pada server. Hal ini memungkinkan beberapa salinan dari sebuah OS yang akan dijalankan pada satu set perangkat keras, sehingga menciptakan banyak mesin virtual. Setiap mesin virtual dapat diperlakukan sebagai komputer yang terpisah. Hal ini memungkinkan sumber daya fisik tunggal untuk tampaknya berfungsi sebagai sumber daya beberapa logical.

 2.2.2 Preapering untuk Instalasi OS

Sebuah daftar periksa pra-instalasi membantu memastikan bahwa proses instalasi berhasil.
1. Pastikan semua hardware disertifikasi untuk bekerja dengan OS yang dipilih.
2. Pastikan bahwa sumber daya perangkat keras memenuhi atau melebihi persyaratan minimal yang diterbitkan.
3. Konfirmasikan bahwa media instalasi yang sesuai tersedia. Karena ukuran file dari sistem operasi saat ini, mereka biasanya tersedia di kedua CD dan DVD media.
4. Jika OS yang akan diinstal pada sistem yang sudah berisi data: (a) Penggunaan aplikasi sistem diagnostik dan utilitas untuk memastikan instalasi OS saat ini dalam kondisi baik, bebas dari file berbahaya atau merusak dan kode (b) Lengkapi penuh cadangan dari semua file penting.
5. Jika melakukan-instalasi yang bersih, pastikan semua perangkat lunak aplikasi yang tersedia untuk instalasi.

Sebelum memulai instalasi, perlu untuk menentukan struktur partisi yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Salah satu teknik yang tersedia untuk membantu melindungi data adalah untuk membagi harddisk menjadi beberapa partisi. Dengan instalasi yang bersih, banyak teknisi lebih suka membuat satu partisi untuk data dan partisi yang terpisah untuk OS. Hal ini memungkinkan OS untuk ditingkatkan tanpa risiko kehilangan data.
Hal ini juga menyederhanakan backup dan pemulihan file data.

Hal ini juga diperlukan untuk menentukan jenis sistem file untuk digunakan. Sebuah sistem file adalah metode yang menggunakan OS untuk melacak file. Banyak jenis file yang berbeda sistem ada. Sistem file yang umum digunakan termasuk FAT16/32, NTFS, HPFS, ext2, ext3. Setiap OS dirancang untuk bekerja dengan satu atau lebih dari jenis file sistem dan setiap jenis file system menawarkan keuntungan tertentu. Pertimbangan yang cermat harus dilakukan untuk jenis sistem file yang didukung oleh OS yang dipilih dan manfaat masing-masing.

Meskipun ada alat untuk memodifikasi struktur partisi dan sistem file dari hard drive setelah instalasi, ini harus dihindari jika mungkin. Ketika memodifikasi baik sistem file atau struktur partisi pada hard drive, kehilangan data dapat terjadi. Perencanaan yang matang dapat membantu menjaga integritas data.

2.2.3 Konfigurasi Komputer untuk Jaringan

Setelah OS yang diinstal, komputer dapat dikonfigurasi untuk berpartisipasi dalam jaringan. Jaringan adalah sekelompok perangkat, seperti komputer, yang terhubung satu sama lain untuk tujuan berbagi informasi dan sumber daya. Sumber daya bersama dapat mencakup printer, dokumen dan koneksi akses Internet.

Secara fisik terhubung ke jaringan, sebuah komputer harus memiliki kartu antarmuka jaringan (NIC). NIC adalah bagian dari perangkat keras yang memungkinkan komputer untuk terhubung ke media jaringan. Ini dapat diintegrasikan ke dalam motherboard komputer atau mungkin kartu secara terpisah diinstal.

Selain koneksi fisik, beberapa konfigurasi sistem operasi diperlukan untuk komputer untuk berpartisipasi dalam jaringan. Kebanyakan jaringan modern yang terhubung ke Internet dan menggunakan Internet untuk bertukar informasi. Setiap komputer pada jaringan ini membutuhkan Internet Protocol (IP), serta informasi lainnya, untuk mengidentifikasi itu. Ada tiga bagian untuk konfigurasi IP, yang harus benar untuk komputer untuk mengirim dan menerima informasi pada jaringan. Tiga bagian ini adalah:
Alamat IP - mengidentifikasi komputer pada jaringan.
Topeng adalah subnet digunakan untuk mengidentifikasi jaringan di mana komputer terhubung.
Default gateway-mengidentifikasi perangkat yang menggunakan komputer untuk mengakses Internet atau jaringan lain.

Sebuah alamat IP komputer dapat dikonfigurasi secara manual atau ditugaskan secara otomatis oleh perangkat lain.

Pedoman IP Konfigurasi

Dengan konfigurasi manual, nilai yang diperlukan dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard, biasanya oleh administrator jaringan. Alamat IP yang dimasukkan disebut sebagai alamat statis dan secara permanen ditugaskan ke komputer tersebut.

Dynamic IP Konfigurasi

Komputer mungkin dikonfigurasi untuk menerima konfigurasi jaringan secara dinamis. Hal ini memungkinkan komputer untuk meminta alamat dari kolam alamat yang diberikan oleh perangkat lain dalam jaringan. Ketika komputer selesai dengan alamat itu dikembalikan ke kolam untuk penugasan ke komputer lain.

2.2.4 Penamaan Komputer

Selain alamat IP, sistem operasi jaringan menggunakan beberapa nama. Dalam lingkungan ini setiap sistem individu harus memiliki nama unik yang diberikan untuk itu.

Sebuah nama komputer menyediakan nama user friendly, sehingga memudahkan pengguna untuk terhubung ke sumber daya bersama seperti folder dan printer di komputer lain.

Administrator jaringan harus menentukan skema penamaan logis yang membantu untuk mengidentifikasi jenis perangkat dan / atau lokasinya. Sebagai contoh, nama PRT-CL-Eng-01 bisa mewakili laser printer berwarna pertama di Departemen Teknik.

Nama-nama ini secara manual ditugaskan untuk setiap perangkat, meskipun beberapa alat yang ada untuk membantu mengotomatisasi proses penamaan. Penjelasan komputer juga dapat dimasukkan ketika menetapkan nama untuk memberikan informasi tambahan tentang lokasi atau fungsi perangkat.

2.2.5 Jaringan nama dan alamat Perencanaan

Sebagai suatu jaringan tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas, menjadi semakin penting bahwa itu direncanakan dengan baik, logis dan didokumentasikan dengan baik.

Banyak organisasi mengembangkan konvensi untuk penamaan dan pengalamatan komputer. Ini memberikan pedoman dan aturan yang dapat digunakan oleh personil dukungan jaringan saat melakukan tugas ini. Nama komputer harus unik dan harus memiliki format yang konsisten yang menyampaikan informasi yang berarti. Hal ini dapat membantu untuk menentukan jenis perangkat, fungsi, lokasi dan nomor urut berdasarkan nama perangkat. Alamat IP juga harus unik untuk setiap perangkat.

Penggunaan perangkat logis penamaan dan pengalamatan konvensi yang didokumentasikan dengan baik dapat sangat menyederhanakan tugas pelatihan, manajemen jaringan dan dapat membantu dengan pemecahan masalah ketika masalah timbul.
Gambar


2
.3 Mempertahankan Sistem Operasi

2.3.1 mengapa dan kapan harus Terapkan Patch



Setelah sistem operasi (OS) atau aplikasi terinstal, adalah penting untuk tetap up to date dengan patch terbaru.

Patch adalah bagian dari kode program yang dapat memperbaiki masalah atau meningkatkan fungsionalitas dari program aplikasi atau OS. Mereka biasanya disediakan oleh produsen untuk memperbaiki kerentanan yang diketahui atau melaporkan masalah.

Komputer harus terus diperbarui dengan patch terbaru kecuali ada alasan untuk tidak melakukannya. Kadang-kadang patch negatif dapat mempengaruhi pengoperasian fitur lain sistem. Dampak dari patch harus dipahami dengan jelas sebelum diterapkan. Informasi ini biasanya dapat ditemukan di situs web produsen perangkat lunak.


2.3.2 Menerapkan Patch OS

Patch untuk sistem operasi dapat diinstal dengan cara yang berbeda, tergantung pada OS dan kebutuhan pengguna. Pilihan untuk men-download dan menginstal pembaruan meliputi:

Otomatis instalasi
OS dapat dikonfigurasi untuk terhubung ke situs web produsen, download dan menginstal update kecil tanpa campur tangan pengguna. Update dapat dijadwalkan untuk terjadi selama saat-saat ketika komputer menyala, tapi tidak digunakan.

Konfirmasi Izin

Beberapa pengguna ingin memiliki kontrol atas patch diterapkan. Ini sering menjadi pilihan pengguna yang memahami apa dampak patch tersebut terhadap kinerja sistem. Sistem ini dapat dikonfigurasi untuk memberitahu pengguna akhir ketika patch tersebut tersedia. Pengguna kemudian harus memutuskan apakah patch harus didownload dan diinstal.

Pedoman

Update yang membutuhkan potongan-potongan besar kode yang akan diganti pada sistem harus dijalankan secara manual. Pembaruan utama sering disebut service pack dan dirancang untuk memperbaiki masalah dengan aplikasi atau OS, dan kadang-kadang untuk menambahkan fungsionalitas. Ini service pack biasanya memerlukan pengguna akhir untuk secara manual menghubungkan ke situs web, download dan menginstal pembaruan. Mereka juga dapat diinstal dari CD yang dapat diperoleh dari produsen.

2.3.3 Aplikasi dan Update Patch
 
Aplikasi juga membutuhkan patch dan update. Patch biasanya dirilis oleh produsen, untuk memperbaiki kerentanan terdeteksi di aplikasi yang dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan.

Browser dan perangkat lunak perkantoran seperti pengolah kata, spreadsheet dan aplikasi database adalah target umum untuk serangan jaringan. Aplikasi ini memerlukan pembaruan untuk mengoreksi kode yang memungkinkan serangan itu untuk berhasil. Produsen juga dapat mengembangkan pembaruan yang dapat meningkatkan fungsionalitas produk, tanpa biaya tambahan.

OS dan aplikasi patch umumnya ditemukan melalui website produsen. Proses instalasi akan meminta konfirmasi untuk menginstal pembaruan dan untuk memverifikasi bahwa perangkat lunak pendukung hadir. Proses instalasi juga dapat menginstal semua program yang dibutuhkan untuk mendukung pembaruan. Update web dapat di-download ke sistem dari internet dan diinstal secara otomatis.

By:
FATKHUROHMAN(11.240.0211)
2P46

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget Read more: http://blogecahsantri.blogspot.com/2011/09/cara-menambah-burung-terbang-follow-me.html#ixzz1rh9RawtQ

nang pantai

nang pantai

#tanggalan brow#

Pages

Pages - Menu

Popular Posts

Followers

Pengikut

Search

Copyright Text